3 Cara Membuat Magnet Dengan Eksperimen

Cara Membuat Magnet - Hai adik2, kali ini kita akan memberikan kamu ilmu pengetahuan dengan berbasis eksperimen bisa kamu coba di rumah dengan bantuan saudara atau orang tua kamu ya. adik2 tahu mengenai magnet? Nah kali ini kita akan bereksperimen dengan 3 cara membuat magnet bisa adik coba di rumah. Tentu seru dong, selain mendapatkan ilmu kalian juga bisa bermain dan menganalisa tentang magnet dan pengaruhnya. Apakah kamu siap untuk bermain hari ini dengan menggunakan magnet? Yuk saatnya kita mulai eksperimen kali ini.
cara-membuat-magnet-permanen,cara-membuat-magnet-buatan,cara-menghilangkan-magnet,cara-membuat-magnet-neodymium,cara-membuat-magnet-sederhana
Baca juga: Cara Membuat 2 BBM di Android Dengan Aplikasi APK

Apakah adik2 tahu tentang magnet? Maqnet adalah sebuah objek memiliki medan maqnet. Nah maqnet sendiri terdiri atas 2 jenis yaitu maqnet alam memang terbentuk secara alami dan buatan dibuat oleh manusia. Setiap maqnet memiliki dua kutub yaitu kutub utara dan kutub selatan. Nah, jika adik2 memilikinya di rumah, walaupun adik2 potong, setiap magnet akan tetap memiliki kutub utara dan kutub selatan. Maqnet ini bisa menarik benda-benda loh, seperti semua benda memiliki bahan dasar logam.

Adik bisa mencobanya di rumah dengan cara mendekatkan magnet pada logam seperti besi dan baja. Kemudian kita bisa melihat bahwa magnet kecil bisa menarik benda cukup besar asalkan benda tersebut terbuat dari logam. Nah, seperti kita ketahui bahwa magnet terbagi dua yaitu alam dan buatan. Kali ini kita akan bereksperimen membuat magnet buatan dengan 3 cara membuat magnet. Apakah kamu siap?

Berikut Cara Membuat Magnet Buatan Sendiri

1. Cara membuat dengan menggosokkan magnet tetap

Cara membuat pertama bisa adik coba adalah menggosokkan maqnet tetap pada jarum. kita bisa mengambil jarum atau logam yang terbuat dari besi atau baja yang ada di rumah dan coba adik dekatkan kedua benda tersebut. Apakah kedua benda tersebut bisa saling tarik menarik? Ternyata paku tidak bisa menarik jarum kecil, karena besi atau baja tidak memiliki medan magnet di dalam dirinya. Akan tetapi, besi atau baja dalam kasus ini adalah paku bisa dijadikan sebagai maqnet.

cara-membuat-magnet-permanen,cara-membuat-magnet-buatan,cara-menghilangkan-magnet,cara-membuat-magnet-neodymium,cara-membuat-magnet-sederhana

caranya adalah:
a. Ambillah sebuah logam terbuat dari besi atau baja.
b. Lalu gosokkan logam tersebut ke salah satu ujung maqnet tetap secara berulang-ulang posisi searah.
c. Coba dekatkan logam tersebut ke jarum kecil dan lihat apa terjadi. Logam ternyata memiliki medan maqnet, karena adanya pengaruh dari gesekan kemagnet tetap akhirnya membuat logam tersebut memiliki daya tarikmagnet.

2. Cara membuat magnet memakai arus listrik

Nah, kali ini sebaiknya ada pengawasan orang tua dalam melakukan eksperimen ini. Kali ini eksperimen nya adalah menggunakan arus listrik untuk membuatnya. Bahan cara membuatnya diperlukan adalah baterai kecil, kumparan, paku kecil dan besar. Cara membuat adalah sebagai berikut: paku besar dililit dengan kumparan yang telah terhubung ke baterai kecil. Lalu setelah dililit oleh kumparan tersebut bisa diarahkan kepaku kecil, kemudian lihat apa yang terjadi? Ternyata pakubesar mampu menarik yang kecil karena adanya arus listrik searah mengaliri dari yang besar. Akan tetapi, jika menggunakan arus listrik bolak-balik, maka paku besar akan kehilangan daya magnetnya. Begitupun ketika arus listrik di putus, paku kecil akan terlepas, sehingga dapat disimpulkan bahwa paku akan memiliki daya magnet jika dialiri oleh listrik searah.

3. Dengan menggunakan induksi

Eksperimen kali ini adalah cukup mudah, adik2 hanya perlu menyediakan magnet, paku besar dan kecil. Caranya adalah paku besar didekatkan pada magnet ditaruh secara statif, ia akan menempel dimagnet, nah coba deh paku besar menempel tadi didekatkan pada yang lebih kecil, lihat apa yang akan terjadi. Yang lebih kecil tadi akan turut menempel pada paku besar. Hal ini dikarenakan ia mendapatkan induksi dari magnet sehingga merubah sifatnya menjadi memiliki daya.

Nah, demikianlah 3 cara membuat magnet bisa adik coba di rumah bersama bantuan orang tua atau saudara lebih tua ya, atau experimen sendiri. Dengn eksperimen tersebut adik2 bisa melihat bahwa magnet ternyata bisa dibuat memakai beberapa bantuan. Selamat bereksperimen.
 
Internet Blogs
blog links Top academics blogs internet blogs blogs
internet blogs blogs