Inilah Cara Mengetahui IP Address Kita Sendiri Secara Mudah Dan Praktis

Cara mengetahui IP address kita sendiri sebetulnya sangatlah mudah dilakukan. Namun hal itu berlaku pada kita yang sering memegang komputer dan bermain internet. Tetapi, bagaimana dengan orang yang baru mengenal komputer dan internet? Bisa saja mereka asing dengan yang namanya IP address dan belum mengetahui bagaimana melihat IP yang ada pada komputer miliknya sendiri. Untuk itu, kami memberikan artikel ini untuk membantu menyelesaikan masalah tersebut.

cara mengetahui ip address wifi,cara mengetahui ip address website,cara mengetahui ip address facebook orang lain,cara mengetahui ip address hp,cara mencari ip address server,
Baca juga : 2 Cara Mengetahui IP Orang Lain Dengan Mudah

Cara Mengetahui IP Address Kita Sendiri Secara Mudah

IP address yang dimiliki oleh setiap komputer biasanya berbeda. IP ini merupakan sebuah indikasi yang ada pada komputer kita, supaya komputer yang kita miliki tersebut dapat terkoneksi server atau dengan komputer lain. Disamping itu, IP address juga digunakan sebagai penentu letak keberadaan komputer yang dapat dikenali dari manapun. Sebagai contohnya, misalkan kita sedang berada di area hotspot perpustakaan dan kita menggunakan fasilitas wifinya, maka pada umumnya di komputer akan muncul 2 jenis IP, yaitu IP dynamic dan IP static. 

IP address kita sendiri jika diibaratkan dalam kehidupan nyata adalah alamat rumah, dimana alamat rumah tersebut menunjukkan di mana kita tinggal supaya memudahkan kurir untuk mencari alamat rumah kita. Maka tak jauh berbeda dengan IP address yang memuat segala informasi mengenai keberadaan komputer kita. Dengan alamat ip itulah jaringan internet mengidentifikasi komputer kita.

IP address biasanya menggunakan digit yang dimulai dari 32 bit sampai 128 bit. IP ini biasa dikenal dengan nama Internet Protocol, dimana terdapat 2 versi, yaitu versi 4 dan versi 6. Pada komputer kita IP address biasa ditulis dengan IPv4 dan IPv6, tetapi hingga saat ini yang masih banyak dipergunakan adalah IPv4 daripada versi terbarunya.

Lalu, bagaimana cara mengetahui IP address kita sendiri jika komputer sudah terkoneksi dengan internet? Nah, itulah pokok bahasan yang akan kami ulas. Mungkin persoalan tersebut sangat mudah diatasi oleh sebagian orang yang memang sudah mengenal komputer dan internet. Tetapi, untuk orang yang masih awam tidak menutup kemungkinan belum mengetahui caranya, dan berikut ini adalah cara untuk mengatasi masalah tersebut.
Pilih menu start (pada windows 7 biasanya terletak pada bagian kiri bawah).
Kemudian pada kolom search ketiklah CMD dan enter.
Selanjutnya akan muncul tampilan jendela CMD.
Pada tampilan CMD tersebut ketiklah ipconfig lalu enter, maka akan muncul ip address komputer milik kita.
Cara mengetahui IP address kita sendiri diatas merupakan langkah yang paling gampang untuk dilakukan. Bagi Anda yang memang masih awam, tak ada salahnya untuk mencoba langkah tersebut sekaligus juga untuk menambah wawasan. Demikianlah ulasan kami mengenai IP address pada komputer pribadi. Semoga ulasan kami hari ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba, dan bagi Anda yang sedang mempraktekkannya, semoga berhasil dengan sempurna.
 
Internet Blogs
blog links Top academics blogs internet blogs blogs
internet blogs blogs